Diberdayakan oleh Blogger.
RSS


CANDI BOROBUDUR

Taukah kalian tentang Candi Borobudur ?
 Candi Borobudur ini adalah candi yang berciri khas agama Hindu-Budha, yang didirikan pada abad ke 9 pada masa Dinasti Syailendra, candi berlokasi di Magelang. Lokasi candi adalah kurang lebih 100 km di sebelah barat dayaSemarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta .  

 Sekilas pandang Candi Borobudur hanyalah sebuah batu yang bertumpuk-tumpuk dan menjulan tinggi. Tapi jangan dianggap remeh. Pembuatan candi ini memerlukan waktu yang lama sekitar puluhan tahun bahkan berabad-abad. Bukan waktu yang sebebtar ya ?.
Pembangunan candi ini berada di atas bukit oada ketinggian 46 m yang terdiri dari 8 tingkat. Tingkat 1-5 berbentuk kotak yang dikelilingi tembok-tembok yang besar yang dihiasi oleh pahatan budha yang berupa gambar yang timbul yang mengkisahkan tokoh-tokoh pada zaman dahulu. Tingkat 6-8 berbent6uk bulat yang dikelilingi oleh stupa yang berbentuk seperti lonceng dan terdapat lingkaran-lingkaran kecil yang banyak di bagian-bagian tertentu dan lingkaran besar yang paling atas, yang berfungsi sebagai tempat suci/kuil untuk memuliakan Buddha sekaligus berfungsi sebagai tempat ziarah untuk menuntun umat manusia beralih dari alam nafsu duniawi menuju pencerahan dan kebijaksanaan sesuai ajaran Buddha.
.

 Seluruh bangunan dimahkotai oleh stupa yang paling besardan menjulang tinggi ke atas yang berada di tengan lingkaran yang besar pada pahatan yang berbentuk lonceng.
 Candi Borobudur yang terkenal di seluruh dunia ini memiliki daya tarik yang kuat, para wisatawan local maupun asing berbondong-bondong dating ke candi ini. Hampir ribuan bahkan puluhan orang yang datang kesana. Sungguh menjadi kebanggaan tersendiri bagi orang Indonesia.
 Rancangan dari candi ini, sebuah candi yang menyerupai pegunungan batu raksasa yang seolah-olah adalah bukan buatan manusia. Kalian pasti akan kagum dan pastinya akan mengambil gambar atau photo di sana. Tidak usah sugkan untuk mengunjungi candi ini.
 Candi Borobudur ini menjadi harta karun untuk orang Indonesia karena bias menjadi salah satu 7keajaiban di dunia. Jadi, mari kita lestarikan budaya peninggalan-peninggalan nenek moyang kita. Selain Candi Borobudur masih banyak lagi candi-candi dan peninggalan-peninggalan yang lain. Peninggalan-peninggalan tersebut jangan sampai diambil oleh orang lain selain kita sendiri.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar